ADMINISTRASI
Administrasi berasal dari bahasa Latin :Ad = intensif danministrare = melayani,
membantu, memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu,
melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.
•
Administrasi adalah proses yang pada umumnya terdapat pada semua usahakelompok, pemerintah atau swasta, sipil atau militer, besar atau kecil (White,1958
).
•
Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna
menyelesaikan tugas bersama (Simon, 1958).
•
Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
usaha kelompok individu guna mencapai tujuan bersama (Newman, 1963
).
•
Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua) :
•
Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang merupakanpengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usahakantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan inidalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).
•
Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa Inggris “Administration” ,
yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitastertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973
)
Berdasarkan hal tersebut diatas, administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yangdilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baikdalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melaluifungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar