Senin, 25 April 2011

Administrasi Bisnis

ADMINISTRASI
Administrasi berasal dari bahasa Latin :Ad = intensif danministrare = melayani,
membantu, memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu,
melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.
Administrasi adalah proses yang pada umumnya terdapat pada semua usahakelompok, pemerintah atau swasta, sipil atau militer, besar atau kecil (White,1958
).
Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna
menyelesaikan tugas bersama (Simon, 1958).
Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
usaha kelompok individu guna mencapai tujuan bersama (Newman, 1963
).
Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua) :
Administrasi berasal dari bahasa Belanda, “Administratie” yang merupakanpengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usahakantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan inidalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).
Administrasi dalam arti luas, berasal dari bahasa Inggris “Administration” ,
yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitastertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian, 1973
)
Berdasarkan hal tersebut diatas, administrasi ialah proses penyelenggaraan kerja yangdilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baikdalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melaluifungsi-fungsi manajemen, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar